Skip to main content

Musik Indonesia

Akhir-akhir ini banyak sekali band baru yang bermunculan di Indonesia. Jujur saja banyakan di nggak sukanya daripada di-suka-nya sama band-band dan penyanyi-penyanyi Indonesia masa kini (bahasa saya sepertinya kacau ya). Saya lebih tertarik dengan musik yang kreatif dan bermutu bukan seperti yang akhir-akhir ini sering diperlihatkan di TV dan kadang menjadi nomor 1 di chartnya.. bushet dah. kenapa? Padahal gak bermutu banget. Saya tidak suka jenis musik Melayu (pernah saya bahas di posting sebelumnya). Ngomongin bang tohib lah... apalah... Oh my God... Banyak sekali sebenarnya yang menurut saya pribadi dan beberapa teman saya bukanlah contoh musik yang berkualitas. Tapi herannya banyak orang yang suka mendengarnya. Ya, mungkin karena mereka telah terlalu sering disuguhi musik seperti itu sehingga mulai terbiasa.

Mungkin itu alasannya mengapa saya lebih suka mendengar musik-musik mancanegara daripada musik Indonesia. Ya, lagu-lagu di handphone saya dan playlist saya lebih banyak lagu-lagu mancanegara (97,5% lagu mancanegara untuk lagu sekuler). Tapi ada juga kok lagu-lagu Indonesia yang berkualitas yang dihasilkan oleh orang-orang yang berkualitas juga. Saya memang tidak terlalu tahu beberapa pencipta lagu yang ada di Indonesia. Tapi setidaknya ada satu song writer yang saya sukaaaaa sekali hampir setiap lagu yang ditulisnya.

Badai 'Kerispatih'
 Yup.. itu dia. Saya sukaaa sekali mendengar hampir setiap lagu yang diciptakannya. Bukan karena saya suka band kerispatih. Tapi karena lagu-lagunya saya jadi suka band Kerispatih.






Ngomong-ngomong soal band, ada 4 band di Indonesia yang saya suka sekali dengan lagu-lagu mereka :

1. Kerispatih
(new) Kerispatih
Memang band ini sempat vakum karena bermasalah dengan vokalis mereka yang lama yang kita semua sudah tahu masalahnya apa. Tapi mereka bisa bangkit kembali dengan filosofi mereka sendiri dan akhirnya lagu Tertatih yang diciptakan oleh Badai boleh jadi based on the true story. Bukan karena putus cinta, tapi lagu ini diciptakan dengan kisah mereka saat ditinggalkan tanpa vokalis, saat mereka tampil di berbagai acara tanpa vokalis (hasil interview di radio), saat mereka berusaha untuk bangkit, waaww.. amazing.. hingga mereka mendapatkan vokalis mereka yang baru, Fandy (foto : ditengah).
Anyway, karena band ini yang paling saya senangi, meskipun lagu-lagunya banyakan mellow, tapi intinya lagu mereka tidak mengajak orang yang patah hati untuk 'bunuh diri' (istilah yang biasa saya sebut untuk mereka yang depresi karena patah hati). Lagu-lagu mereka berbeda dengan yang lain karena keahlian mereka secara personal yang beragam. Hey, I'm so in love with Kerispatih :) Tidak peduli kata orang, Kerispatih sekarang udah beda, tapi saya tetap MAHAPATIH sejati :) *berharap dibaca sama kerispatih* :D
(To see the official website of Kerispatih, click here!)

2. Padi
PADI
 Grup band ini ada sejak saya masih SMP kalo tidak salah. Tapi saya makin mengenal mereka saat saya kelas 1 SMA. Mama saya saja suka dengan lagu-lagu mereka. Meskipun baru saja drummer grup band ini berurusan dengan hukum, tapi tidak mengurangi kesukaan saya dengan band ini dan lagu-lagu mereka. Lagu mereka sangat berbeda dengan band-band yang lain. Mulai dari lirik yang sangat romantis dan memikat hati meskipun kadang lebay.. hahhah :)) Tapi musik yang mereka ciptakan sangat berkualitas hingga hal itu yang membawa mereka bisa go International.

3. Sheila on 7
Sheila on 7
 Ohya, band yang 1 ini punya musik yang khas, apalagi suara vokalisnya, Duta. Berbeda dengan yang lain. So pasti musik yang mereka ciptakan sungguh berkualitas. Kalo kata orang Manado nda ece-ece. Hehehe :) Setiap lagu mereka saya suka karena sangat menghibur dan menunjukkan kalau mereka patut diperhitungkan sebagai band papan atas Indonesia yang berkualitas.
Pertama kali saya kenal mereka saat saya SMP kelas 1. Lagu pertama mereka 'Dan' menjadi jawara MTV waktu itu padahal mereka adalah pendatang baru di dunia musik Indonesia. Saya salut dengan band ini karena konsisten dengan perkembangan mereka. Dan mereka tidak hilang ditelan bumi saat banyak band baru di Indonesia yang bermunculan.

4. Samsons
Samsons
 Ah, band yang satu ini membuat saya jatuh cinta bukan karena vokalisnya hehehhe :) tapi karena mereka menampilkan musik yang berbeda juga (kok dari tadi beda ya) :) Ya, Samsons punya konsep yang berbeda untuk musik mereka. Mereka tidak mengikuti arus industri musik Indonesia. Maksudnya, kebelet bikin lagu biar tetap eksis tapi akhirnya musiknya jadi nggak berkualitas. Mereka bisa tiba-tiba muncul dengan konsep baru namun tetap Samsons banget. I love them :) Ohiya, ulang tahun mereka sama dengan ulang tahun saya, 14 Juli :)


Selain itu, ada juga beberapa penyanyi Pria dan Wanita Indonesia yang menjadi Favorit saya,
PRIA
1. Mike Mohede
Mike Mohede
Pria pemenang Indonesian Idol 2 tahun 2005 ini suaranya sudah diketahui banyak orang.. asliii KEREN ABIS.. suaranya menenangkan sangat. Saya bisa kehabisan kata-kata kalau mendengar pria yang 1 ini mengeluarkan suaranya yang superduper merdu dan lembut. Hmmm.. so speechless :)

2. Rio Febrian
Rio Febrian

Ahaaayy... Pernah memenangkan ASIA BAGUS (lupa tahun berapa) dan saya menyaksikan kisah itu meskipun hanya lewat TV. Setiap lagu orang yang dibawakan oleh Rio, bisa jadi bagus banget dan membawa 'rasa' yang berbeda :) Pengen duet bareng Rio dah :D

3. Glenn Fredly
Glenn Fredly
 Siapa sih yang gak klepek-klepek dengar lagu-lagu yang diciptakan oleh pria yang satu ini. Apalagi lagu yang langsung dinyanyikannya. Saya gak usah menjelaskan banyak tentang Glenn dan karirnya. Saya tidak akan membahas kehidupan pribadinya karena kita sementara membahas tentang musik :) (emang siapa yang nanya ya). Performance Glenn selalu ditunggu oleh para pecinta musik Indonesia. Ya, termasuk saya.. soalnya pria satu ini suka tampil di Java Jazz... hehhehe ;) Semangat, Glenn.

Wanita
1. Ruth Sahanaya
Ruth Sahanaya
Hmmm.... Ingin sekali bertemu dengan mbak Uthe dan mendengar suaranya langsung. Saya sangat kagum dengan suaranya. Oh my goodness... Standard International :) No comment dah kalo suaranya mbak Uthe. Semua orang sudah tahu. Pokoknya saya suka Mbak Uthe :*

2. Agnes Monica
Agnes Monica
 Adik saya dan teman-teman seganknya sangat tergila-gila dengan wanita satu ini. Tidak diragukan lagi talentanya di dunia seni musik bahkan seni tari. Jago nyanyi, jago ngedance, jago bikin lagu, talented banget dah pokoknya. Setiap lagu yang dibawakan oleh Agnes bisa jadi digemari begitu banyak orang. Nenek-nenek aja tahu lagu Agnes :)

3.  Joy Tobing
Joy Tobing
Meskipun kabarnya di dunia musik Indonesia sudah jarang terdengar lagu, namun semua orang tahu pasti kualitas vokal dari wanita yang satu ini. Pemenang pertama Indonesian Idol 1 (2004) ini memang tidak lagi dibawah naungan Manajemen Indonesian Idol. Pernah terdengar kabar bahwa Joy telah meniti karir di Singapura namun kemudian kembali ke Indonesia untuk menikah. Joy kemudian dikabarkan mulai bermusik di gereja dan beberapa kegiatan rohani. Ya, terserahlah Joy. Yang pasti saya sangat suka dengan suaramu :) Gbu, Joy.

Mungkin sekian dulu saya membahas mengenai musik Indonesia yang menurut saya orang-orang diataslah yang tetap mempertahankan kualitas musik Indonesia. Bukan berarti yang lain memiliki musik yang tidak berkualitas. TIDAK. Ada beberapa deretan penyanyi yang saya suka dan menurut saya menunjukkan musik yang berkualitas dan juga pantas diperhitungkan. Gigi, Nidji, Kotak, Tompi, Sherina, Judika, Ello (seharusnya yang ini juga masuk daftar diatas lho :D ), Bondan, Saykoji, Marcell, Pasto, Shandy Sandoro (yang ini juga masuk), dll yang masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Yang pasti mereka semuanya yang sudah saya sebutkan namanya (resmi amat) bisa mencuri hati saya dengan lagu-lagu mereka.

Ayo, pacu terus musik Indonesia biar bisa memberikan musik yang berkualitas bukan musik yang ece-ece :)


God bless Indonesia

Comments

  1. saya juga tidak terlalu suka dengan musik-musik Indonesia. Kebanyakan plagiat. dan plagiatnya pun yang gak bagus.
    ada juga yang cuman aji mumpung. gak enak banget denger suara mereka. akhirnya saya jadi malas untuk membeli cd ataupun dvd penyanyi ataupun band Indonesia meskipun saya sendiri orang Indonesia. saya sedikit malu dengan musik dalam negeri. tapi untung saja ada mereka-mereka yang kamu sebutkan diatas. memang bener lagu mereka bagus dan berkualitas. semoga mereka bisa menjadi contoh bagi penyanyi dan musisi-musisi yang lain agar bisa menghasilkan musik yang berkualitas.
    i like your post, anyway.

    ReplyDelete
  2. nggak perduli apa kata kalian, musik adalah sebuah keindahan apapun itu bentuknya....
    selera bisa berbeda, tapi ingat kalau mencela hanya menambah dosa, karena MOTTO SEORANG MUSISI BERBUNYI " Dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami,,kami akan terus berkarya......
    apapun kata mereka, biarkanlah mereka mencela,,,karena kami berkarya bukan untuk mereka melainkan untuk anda yang bisa menghargai hasil karya orang lain.................. "

    so CHECK THIS SONG INDIE BAND FROM MANADO
    http://ocean99music.wordpress.com/?p=346&preview=true

    ReplyDelete
  3. pada Kristen semua penyanyi solo favorit nya yah Jes?
    aq juga lagi priharin sama dunia showbiz Indonesia, ga musiknya, ga sinetronnya, ga filmnya pada miris semua...
    aq cuman ngedengerin 1 tipe musik sih(ga selalu tapi banyakan) yaitu : jazz, penyanyi" jazz Indonesia bagus-bagus koq...
    kalo ngomongin band, karta PADI, Dewa 19 (walo akhir" ini ahmad dani lebih banyak muncul di acara gosip -.-'), Slank, pokoknya yang angkatan 90-an itu bagus" deh, dengan angkatan sebelumnya juga. Kasian yah generasi anak muda sekarang...

    ReplyDelete
  4. berkarya kalo gak berkualitas sama aja boong.. memang banyak penyanyi yang bagus di Indonesia tapi ada juga kok yang 'merusak' musik Indonesia. coba pilih yang berkualitas.
    anyway, bukannya saya sok membela, tapi band2 keluaran "a-mild" dan sejenisnya banyakan berkualitas... maksud saya hampir semua yang lewat audisi memiliki kemampuan musik yang bagus dan menciptakan musik yang berkualitas. berbeda dengan yang lain.
    yang saya juga tidak suka mereka yang jadi penyanyi karna 'aji mumpung'. Mumpung dia lagi ngetop karna kerjaannya di bidang entertainment, ato yang lainnya tapi karya yang ditunjukkannya sama sekali gk bagus. sungguh... itu yang saya sesali terjadi di dunia musik Indonesia.
    Kritikan seperti ini bisa menjadi introspeksi diri bagi setiap orang yang mengaku 'musisi' Indonesia. bukannya saya mencela dan menambah dosa tapi supaya mereka berpikir dan bertindak untuk menghasilkan karya yang terbaik dan berkualitas.
    Semoga ini semua membangun Indonesia dan musik Indonesia.
    Gb Indonesia

    ReplyDelete
  5. Kristen semua ya? alamak.. gak semua kok.. Bukan karena mereka Kristen dan saya suka... sepertinya rasis... tapi karna kualitas vokal dan musik yang mereka tampilkan itu berkualitas dan bagus2.. sebagai penikmat musik, saya lebih suka mendengar suara mereka dan musik mereka. Memang ada juga yang lain seperti yang saya tulis dibawahnya dan tidak semua dari mereka Kristen.. hehhehe :)

    ReplyDelete
  6. aku juga suka Kerispatih dan Samsons..
    lagu-lagunya bagus, lirik, vokal dan musik semuanya indah di dengar.
    Buat saya, lirik lagu yang mereka ciptakan sudah mewakili dan menggambarkan suasana hati orang.
    aku suka lagunya kerispatih yang judulnya "kita dan dunia & sebuah pengabdian"
    apa lagi di lagu kita dan dunia yg liriknya "hidup ini, membuat aku sadar lw apapun yang kita lakukan bukan hanya berpengaruh untuk kita tapi juga untuk orang lain..

    ReplyDelete
  7. yey..
    memang masih banyak lagi yang bagus.. tapi intinya musik yang berkualitas... seperti menciptakan sebuah film. kalo gk berkualitas, ngapain ditonton.. buang2 waktu saja.. musik itu sudah jadi bagian besar dari diri seseorang. jadi, setiap orang ingin sesuatu yang terbaik untuk dirinya. Mungkin selera musik berbeda tapi sebenarnya kita tahu mana musik yang berkualitas dan mana yg tidak.
    Anw, thanks for giving a comment on my blog

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dilatasi dan Kuretase

Indikasi             Prosedur dilatasi dan kuretase biasanya dilakukan atas indikasi : diagnosis dan terapi perdarahan uterus abnormal, abortus, kanker pada uterus. Teknik Dilatasi Serviks Dilatasi serviks dapat dilakukan dalam anestesi umum, spinal, epidural atau paraservikal, tergantung dari indikasi tindakan. Dilatasi biasanya dilakukan sebelum kuretase tapi juga bisa sebagai tindakan terapeutik pada stenosis servikalis. ·          Pasien dalam posisi litotomi, perineum, vagina dilakukan a dan antisepsis. Pasien dianjurkan untuk berkemih sebelum tindakan, kateterisasi dilakukan bila dicurigai masih terdapat residu urin yang signifikan. ·          Pemeriksaan dalam perlu dilakukan sebelum melakukan dilatasi serviks, menentukan ukuran dan posisi seviks, uterus dan adneksa.   ·          Dipasang spekulum atas dan bawah, serviks ditampakkan. Bibir anterior serviks dijepit dengan tenakulum. ·          Dilakukan inspeksi dengan teliti terhadap serviks dan vagina ·          Terdapat d

Uji Maddox - ROD

Tujuan Tes digunakan untuk mengukur heteroforia atau tropia kecil Dasar Kedua mata melihat dengan fovea Disosiasi terjadi bila dipakai Maddox rod pada mata Alat Kamar yang gelap Filter Maddox rod(terdiri sejumlah silinder plano konveks paralel dengan jarak fokus pendek). Teknik Jarak pemeriksaan dapat jauh ataupun dekat. Kedua mata diberi kacamata koreksi. Maddox rod dipasang pada satu mata (dipakai Maddox merah) biasanya mata kanan. Dengan kedua mata terbuka pasien diminta berfiksasi pada lampu. Pasien diminta menerangkan letak garis (dilihat melalui Maddox rod) bandingkan dengan letak lampu. Bila garis Maddox rod dipasang vertikal maka garis cahaya melalui Maddox rod berupa garis horizontal. Bila garis Maddox rod dipasang horizontal maka garis cahaya melalui Maddox rod berupa garis vertikal. Bila dipasang untuk menyatukannya maka dapat ditentukan berat foria atau tropia. Nilai Bila sinar vertikal M

Morbus Hansen - Kusta

PENDAHULUAN Kusta merupakan salah satu penyakit yang sudah ada sejak dulu. Kata kusta berasal dari bahasa India kusta, dikenal sejak 1400 tahun SM. Kata lepra disebjut dalam kitab Injil, terjemahan dari bahasa Hebrew zaraath, yang sebenarnhya mencakup beberapa penyakit lainnya. Ternyata bahwa pelbagai deskripsi mengenai penyakit ini sangat kabur apabila dibandingkan dengan kusta yang dikenal saat ini. Kusta merupakan penyakit infeksi yang kronik, dan penyebabnya adalah Mycobacterium leprae. Bakteri ini bersifat intraseluler obligat, dengan saraf perifer sebagai afinitas pertama, lalu kulit dan mukosa traktus respiratorius bagian atas, kemudian dapat ke orga lain kecuali susunan saraf pusat. Kusta merupakan penyakit yang menyeramkan dan sangat ditakuti oleh karena dapat terjadi ulserasi, mutilasi, dan deformitas. Oleh sebab itu penderita kusta bukan menderita karena penyakitnya saja, tetapi juga dikucilkan masyarakat disekitarnya akibat cacat pada wajah dan anggota tubuh. Insid