Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2009

sungguh teganya dunia medis

rasanya pengen banget gw tidur tapi BENER BENER gk bisa. konsul dan kemudian operasi tanpa hentinya... malah ni operasi bersamaan.. maybe it's ok klo hari masih siang, sore, dan mungkin malam. tapi ini jam 3 subuh dan gk brenti2 dari tadi..
mo konsul dari obs ato bedah sama aja... ada yg cito2an dan ada yg beneran cito... omG... what should i do? ya tetep tinggal di ruang ok donk.. no more reason.. uuuuu...
malah gk ada temen ngobrol.... untung hp tetep on.. klo gk.. gk mungkin gw bisa tahan sampe jam segini..

semoga aja setelah ini gk ada konsul lagi... hiks hiks...

tapi klo denger cerita kakak2 yg udah dokter; cerita semasa koass, ternyata seru dan menyenangkan walau kadang menjengkelkan. tapi itulah seninya jadi koass hehehe..

jujur aja gw nulis sambil berdiri sedari tadi selama beberapa jam trus pake baju ok lengkap dgn topi dan masker... susahnya bernapas pake masker..

yo weeess....
tak liatin pasien dulu ya.. klo dia bangun gw juga yg repot...

c u :)

private - missing someone

nulis privacy kok di blog ya hahahah.. gak ding... pengen ngungkapin apa yang ada di hati... (wuaaa.. jadi melankolis gini sih)
kalo mo dibilang kangen seseorang sih kayaknya gk juga... hahaha.. belajar merelakan tanpa melupakan bisa nggak ya? hahahha.... bulan desember gk lama lagi. itu artinya akan ada seseorang yang get a long distance with me.. yo'i.. very very long distance with me... padahal christmas 's my fave time of the year lho.. tapi tahun ini bakalan jadi my black christmas.. ah lebay deh jes...
dalam jarak yang amat sangat jauh *according to me* ditambah waktu yang gk pasti, mana bisa bikin komitmen? sebenarnya bisa sih cuman wuuuaaaahahhhh.... gk ada kepastian sama sekali. lain halnya kalo gw tahu kepastian kapan balik Indonesia dkk yg pasti ada kepastiannya.... ooohhhoooo.. betapa teganya dikau meninggalkanku.. uuuuuuu....

kehidupan baru di rumah sakit mungkin bisa sedikit menghilangkan rasa kangen sama d***l.. hehehhe... tapi gk bisa menggantikan sosok d***l b…

Benarkah Menjadi Vegetarian Bisa Kurang Gizi?

Semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk hidup sehat terdapat dalam makanan nabati. Tentang ketakutan bahwa asam amino esensial (tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan) hanya terdapat dalam daging, adalah tidak benar.
"Kacang-kacangan terutama kedelai mengandung semua asam amino esensial. Walaupun kadar asam amino esensial metionin dalam kedelai tidak tinggi namun bukan berarti tidak ada," ujar Susianto, ahli gizi yang juga Ketua Operasional Indonesia Vegetarian Society (IVS).
Metionin sangat mudah dipenuhi karena terdapat dalam jumlah yang banyak dalam beras dan jagung. Sebaliknya asam amino esensial lysin kadarnya rendah dalam beras dan jagung namun tinggi dalam kedelai.
Jadi, secara sederhana dan simpel, itu bisa dijelaskan begini: jika seorang vegetarian atau vegan makan nasi atau jagung dengan tahu atau tempe, maka kebutuhan asam amino esensial oleh tubuh akan terpenuhi dengan mudah. Apalagi protein dalam tempe sudah…

talking about anestesi

Anestesi (pembiusan; berasal dari bahasa Yunanian-"tidak, tanpa" dan aesthētos, "persepsi, kemampuan untuk merasa"), secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Istilah anestesi digunakan pertama kali oleh Oliver Wendel Holmes Sr pada tahun 1846.


Dua kelompok anestesiObat untuk menghilangkan nyeri terbagi ke dalam 2 kelompok, yaitu analgetik dan anestesi. Analgetik adalah obat pereda nyeri tanpa disertai hilangnya perasaan secara total. seseorang yang mengkonsumsi analgetik tetap berada dalam keadaan sadar. Analgetik tidak selalu menghilangkan seluruh rasa nyeri, tetapi selalu meringankan rasa nyeri.
Beberapa jenis anestesi menyebabkan hilangnya kesadaran, sedangkan jenis yang lainnya hanya menghilangkan nyeri dari bagian tubuh tertentu dan pemakainya tetap sadar.


Tipe anestesiBeberapa tipe anestesi adalah:
Pembiusan total — hilangnya kesadaran totalPembius…

is experiencing general weakness

bersyukurlah hari ini banyak banget pasien konsul dari berabgai bagian.. ahaaayyyy...
intinya hari ini dokter suruh gw belajar tentang TURP alias Transuretheral Resection of the Prostat.




jiiiaaa gk jaga tapi pulangnya telat banget.. uuuu.... tapi gpp lah.. dapet banyak pengalaman dari supervisor anastesi hihihi,,,,

ooppsss.. kayaknya dejavu ni... beneran,,, sudahlah.. biarkan saja...

banyak hal sebenernya yang terjadi hari ini... tai cuappeeeeekk nian gw hari ini...
persiapan buat operasi besok 6 orang dari pagi sampe gk tahu jam berapa hahahah...
bersyukur aja buat hari ini...

skarang aja lagi nyari bahan TURP buat belajar gara2 besok supervisor yang baik hati itu mau bertanya tentang TURP *padahal itu bukan pasien gw hohooo* setelah inigw kayaknya tidur deh.. belajarnya besok aja... gk ada tenaga lagi untuk mentransfer isi kertas itu ke dalam otak gw... gk mampu lagi energinya hahahah...

ya sudahlah...
semoga malam ini gw mimpiin TURP


wuuuaaaa...
pengen tidur aja.. bangun subuh besok buat bel…

gak dibikin susah, enjoy aja...

pagi ini seperti biasanya gw ke rumah sakit melangkahkan kaki ke bagian ICU dgn niat bin maksud menandatangani absen datang :) setelah itu gw pergi ke ibs dgn planning pre-op *stase maksudnya*... sebenernya sih seneng banget tadi pas keluar kos2an tapi alasannya sih gk jelas kenapa...

masih jam 9 konsul yg dateng udah 8.. buset.. gk ada hati banget ni dokter2.. hohoho gk ding becanda...
mo liat status2 itu sih sepertinya menyakitkan dan menyedihkan hati tapi gara2nya kumpul bareng kk2, jadinya sharing ttg kelucuan yg terjadi di RS saat masa koass berlangsung... lucu binti gila.. ada aja koass kayak gitu..
mulai dari koass yg jujur banget sama supervisor waktu ujian gk belajar. alasannya sih karena rekor ujian sama supervisor itu gk pernah ada yg lulus mo belajar ato gk... eh jadinya si dokter marah dan langsung minta lembar nilai DAN DI ACC DENGAN NILAI 'A' hohoho.. trus katanya bilang sama semua koass, tuh kk lulus dgn nilai A tanpa belajar sama supervisor itu hahaha.. mau do…

Forward from notes in my facebook

kemaren ada 4 orang anak datang ke rumahku... biasa aja sih sebenarnya karena mereka adalah tetanggaku..
di suatu sudut rumahku, ibuku menaruh patung bayi Yesus, Maria, dan Yusuf. keempat anak itu langsung menghampiri patung itu...
salah seorang anak berkata, "waaahhh... itu Tuhan Yesus.." mereka berempat mengagumi patung itu beberapa detik, sampai kemudian aku bertanya, "ibunya Tuhan Yesus siapa?" kemudian mereka menjawab serempak, "Maria...". akupun kembali bertanya, "lalu ayah Tuhan Yesus?" kemudian salah satu dari mereka menjawab, "Allah Bapa". sebenarnya beneran gk nyangka sih anak itu akan menjawab seperti itu, padahal maksudku suaminya Maria.. lalu aku bertanya, "kalo suaminya Maria?" kali ini mereka gk tahu. kemudian aku bilang, "suaminya Maria itu Yusuf.." lalu anak itu bertanya peryanyaan konyol binti gila binti lucu... "Yusuf siapa? Yusuf Kalla?" sontak saja aku langsung tertawa... polos banget …

Image Allah Bapa

Suatu hari seorang guru sekolah minggu memberikan tugas kepada murid-muridnya:

Seperti apa Allah Bapa itu?

"Untuk mudahnya, kalian harus melihat Dia sebagai seorang bapak... seorang papi," ujar guru tersebut.

Minggu berikutnya, guru tersebut menagih PR dari setiap murid yang ada.

"Allah Bapa itu seperti Dokter!" ujar seorang anak yang papanya adalah dokter. "Ia sanggup menyembuhkan sakit penyakit seberat apapun!"

"Allah Bapa itu seperti Guru!" ujar anak yang lain. "Dia selalu mengajarkan kita untuk melakukan yang baik dan benar."

"Allah Bapa itu seperti Hakim!" ujar seorang anak yang papanya adalah hakim dengan bangga, "Ia adil dan memutuskan segala perkara di bumi."

"Menurut aku Allah Bapa itu seperti Arsitek. Dia membangun rumah yang indah untuk kita di surga!" ujar seorang anak tidak mau kalah.

"Allah Bapa itu Raja! Paling tinggi di antara yang lain!!! Allah Bapa itu pokoknya kaya sekali de…

my second week in hospital

kemaren gue iseng ikut kuis di facebook; 'mau jadi dokter spesialis apa nanti yang cocok?' (kayaknya nama kuisnya bukan itu tapi gw lupa2 ingat gitudeh pokoknya). dalam pikiran gue kebayang hasil akhirnya adalah dr. Jessy Patricia Londok SpA (secara itu impian gw sejak gw masuk Fakultas Kedokteran Unsrat semester 3)... gue berusaha sejujur mungkin mengisi kuis itu. tapi tahu gk hasilnya apa? tededeng tededengg.... gw cocoknya jadi SpAn alias Spesialis Anastesi..

waktu itu yang ada di pikiran gw adalah suntik, infus, obat. 3 hal penting itu yang ada dalam kepala gw. gw sih secara pribadi gk takut sama jarum suntik dan bahkan udah belajar nyuntik orang hahahaa... (gara2 laroscorbine nih hehehehe...), infus sih lumayan lah.. maksudnya gk takut cuman masih dalam proses belajar menginfus orang.. tapi oabat2an alias farmakologi.. bushet... waktu masih kuliah gw males banget belajar farmakologi (walaupun sebenarnya gw gk pernah bermasalah dengan namanya farmakologi.. intinya gw lulus …

correction

salah ding... ternyata ada aja kesalahan.. hahaha.. tapi gk papalah.. hohoho asiiikkk ada yg ngecharge mata gw nih hahaha.. selain suami gw yg gw sebut deng hormat laptop bin acer aspire sedang dicharge pake kabel sambung listrik..

hoooohhhh.... ternyata 'kabel-sambung-listrik' gw itu jaga ya hari ini hihihi.. ato karena emang lg di bgn 'Nenas Semarang' ya (nama samaran,red).. gpp lah.. selama gw masih di anestesi.. hahaha...

many reason to cancel my surgery

sebenernya hari ini ada operasi-konsul dari bagian bedah.. EDH.. tapi gw gk ikut operasi..,alasannya sih karena kancing baju operasiku lepas... bagian atas pula.. hehehe.. kebayang dong klo aku maksain diri ikut operasi dgn baju itu.. yg ada di dalem ruang OK pasti gk bakalan konsen hahaha.. gk ding...
jadinya k'jack ber-solo karir di ruang OK dr bgn anastesi hahaha... maapkan aku k'jack.. bukan niatku...

di ruang jaga koass anastesi (merangkap obs dan bedah), gw ngerjain tugas translate dr.diana... (keliatannya gw rajin banget gitu padahal... hahaha...) ya maksudnya darpada gk ngerjain apa2...biar nanti ada residen bedah yg dtg kesini gk liat gw cuman asal tdr aja (meskipun sebenarnya iya jg sih gw stgh tidur hihihi)...
dan sepertinya di ruang OK itu gk ada residen ganteng hahaha.. gk ding bcanda...

lama banget jm 7 malam.. oucgh.. ngantuk.. laper... pisang goreng... ownooo.. midal.. *sigh... help meee..

happy to have my new blog in here

hi..
this is my new and my first blog. sebenarnya dari dulu pengen banget bikin blok. tapi karena jarang banget browsing jadinya ya gk jadi deh hahahaha...


just wanna tell about my first experience in hospital
ini minggu pertama aku terdaftar sebagai dokter muda di rumah sakit Prof. dr. R. D. Kandou Manado. paket pertama di pediatri bagian anastesi.. oops.. maksudnya anestesi... padahal kerenan anastesi daripada anestesi hahahah.. ya udah suka suka gue dong.. mulut mulut gue hahahah.. selagi gk di dengar sama supervisorya kayaknya gk papa deh hehehhe..

hari pertama udah ikut operasi.. hooho... bikin orang 3/4 mati kata k'ronny. konsul dari OBSGIN holala... lucu banget pokoknya waktu operasi. gara-gara supervisor obs-nya gk mau kalo sementara operasi ada lalatnya, jadinya aku sama temen staseku ikut matiin si lalat yang bernait mengganggu jalannya operasi. kalo lalatnya masuk di perutnya ibu kan gk lucu... ngebayangin si lalat itu terbang2 di dalam perutnya ibu hahahha.. bikin dunia se…