Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2010

hubungan antara gangguan kognitif dengan perbaikan fungsi motorik pada rehabilitasi pasien stroke

BAB I
PENDAHULUAN


Banyak faktor yang berhubungan dengan penyakit yang bisa mempengaruhi kualitas hidup pasien dengan stroke. Pada beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara kesadaran dan kualitas hidup.1
Stroke merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dimana perbandingan angka kematian di negara berkembang dengan di negara maju adalah lima banding satu. Stroke telah terbukti menjadi penyebab utama kecacatan kronik di semua lapisan masyarakat. Penderita yang selamat dari stroke dapat mengalami kecacatan fungsi kognitif, sensorik maupun motorik akibat kerusakan otak.2
Pada dasarnya semua kelainan yang mengenai otak dapat menimbulkan gangguan fungsi kognitif. Namun tidak semua penderita stroke mengalami cacat, akan tetapi ada juga penderita stroke yang sembuh total.2
Penderita stroke mempunyai hubungan bermakna terhadap reorganisasi yang disebut neural plasticity dalam proses perbaikan system sarafnya. Disamping itu penderita stroke akan mengalami gangguan fung…

LBP ec sacroiliitis

PENDAHULUAN

Low Back Pain (LBP) merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sering terjadi dan merupakan kejadian yang penting pada semua negara. Pada usia kurang dari 45 tahun, LBP menjadi penyebab kemungkinan yang paling sering, penyebab tersering kedua kunjungan ke dokter, urutan kelima penyebab masuk rumah sakit, dan masuk dalam tiga besar tindakan pembedahan. LBP juga merupakan penyebab disabilitas yang paling tinggi pada usia produktif (19-45 tahun).1
Penelitian mengemukakan bahwa LBP adalah konsekuensi logis dari perkembangan manusia dari kuadripedal menjadi bidpedal sehingga walaupun etiologi LBP dapat bervariasi dari yang paling ringan misalnya kelemahan otot sampai yang paling berat misalnya tumor ganas tetapi sebagian besar LBP dalam masyarakat adalah akibat adanya faktor mekanik yang tidak menguntungkan tulang punggung bagian bawah dalam fungsinya untuk menjaga posisi tegak tubuh maupun selama pergerakan tubuh.2
Banyak klasifikasi LBP yang dapat ditemukan dalam literatur n…

just curhat ^^,

barusan online facebook... trus ngeliat facebooknya 2 orang secara sedikit kesengajaan... woow.. then i see their wall to wall in their page of facebook.. ohnooo.. mengerikan.. lebay banget... huuuu..... terlalu banyak hal yang gk perlu diekspos... tapi gw gk peru risih dengan hal itu... toh itu urusannya mereka...

lama gw baca wall2annya mereka, gw terhenti di satu chat mereka. katanya si cewek gk suka orang munafik kayak 'mereka'.. di depan dia katanya manis2 tapi dibelakangnya gk bagus atao apalah katanya... woooww... katanya lagi kalo bukan karena pelayanan dia gk akan meneruskan semuanya.. woooww... lingkup pelayanan organisasinay yah ada di lingkungan gw gitu... uuuuuuuuu..... gw tahu lah siapa yang dia maksudkan... hehehe.. gw sih cuek aja... si pria juga nambahin... jadi gk jelas gitu deh..

pengen banget protes... mereka bawa2 nama Tuhan trus menyalahkan orang lain seakan mereka gk punya salah sama sekali... bawa2 pelayanan segala.... trus bilang mau kasi yang terbaik …

pediatri

awalnya gw seneng banget masuk pediatri. baru 2 minggu gw didalam gw udah ngerasa pengen mati aja... gk ding... lebay banget pengen mati... pokoknya pengen cepet2 berakhir... tapi 10 minggu itu terasa lama banget.. wuuuaaa... sampe2 waktu ngisi blog jadi susah... hiks hiks..
sebenernya banyak banget hal yang pengen gw bagi disini.. tapi ntar aja deh..
pengen nge-charge mata buat jaga besok... wuaaaa..... pediatri.. pediatri....