Fungsi Kortikal Luhur
Dr. MAJA P.S., Sp.S
•Sifat khas pada manusia
•Korteks asosiatif
à otak manusia ≠ otak binatang
•Mencakup aktivitas yang memiliki hubungan dengan : - kebudayaan
- bahasa
- ingatan
- pengertian.
•Jika otak manusia = pesawat komputer
•komponen fungsionalnya terdiri dari
- juru sandi (coder)
- tempat penyimpanan (storage)
à reseptor panca indera,reseptor protopatik dan
proprioseptif à juru sandi,
à neuron-neuron reseptif I & II tempat sandi
disimpan sebagai bahan ingatan (memory)
KORTEKS SEREBRI TDD:
*Komponen sistem fungsional berhubungan
dengan:
- pergerakan
- sensasi dari tubuh à organ sensorik khusus
*Substrat untuk fungsi:
-komprehensi
-kognitif
-komunikasi
FUNGSI KORTIKAL LUHUR
1. Fungsi lobus frontalis
2. Bahasa dan bicara
3. Dominansi serebri
4. Ingatan/memori dan pembelajaran
5. Epilepsi
LOBUS FRONTALIS
-Lobus terbesar
à 1/3 hemisfer serebri
Terdiri dari:
- Area motorik primer
- Area premotor
- Area prefrontal
Fungsi Lobus Frontal.
àuntuk fungsi eksekusi, yang terdiri dari fungsi:
* Reasoning - Abstraction
* Initiating activity
* Monitoring & shaping behavior
* Inhibiting maladaptive behavior
* Prioritizing & sequencing actions
* Problem solving
* Coord.elementary motor & sensory funct into a
coherent & goal-directed stream of behavior
KERUSAKAN LOBUS FRONTALIS:
à Menimbulkan perubahan perilaku
* dorsolateral lobus temporalis
Ø fungsi intelektual & kognitif
* orbitomedial lobus frontalis
Ø perubahan kepribadian & mood
SINDROMA LOBUS FRONTALIS:
- Dorsolateral:
à acuh tak acuh, abulia, apatis
- Orbitofrontal:
à disinhibisi :labil & irritable
- Medial:
à akinesia & apatis
- Basal:
à gangguan memori
Phineas P.Gage (1823 – 1860)
· Tertusuk batangan besi hingga menembus tengkorak
· Penyembuhan fisik berlangsung sempurna
· Namun terjadi perubahan kepribadian secara dramatis
BAHASA DAN BICARA
Bahasa : komprehensi dan komunikasi pikiran abstrak.
Fungsi kortikal yang satu ini terpisah dari mekanisme neural yang berhubungan dengan fungsi visual primer, auditorik dan motorik.
BAHASA: komprehensi dan komunikasi
•Abstract ideas - Dysarthria
•Aphasia - Alexia
•Agnosia - Anosognosia
•Apraxia - Gerstmann’s syndrome
Pusat pengertian
àarea Wernicke
terletak di girus
supramarginalis
lobus parietal dan
bagian atas lobus
temporal
Pusat bahasa ekspresif
à Area Broca
di girus frontalis
inferior
Fungsi Kortikal Luhur
1. Afasia fluent = Afasia Wernicke = afasia reseptif = afasia sensorik
- Gangguan untuk mengerti & tak dapat menjawab pertanyaan dengan sesuai
- otak dapat mengikuti perintah.
Bahasa yang keluar fluent tetapi seringkali tak ada artinya dan mereka tak dapat menahannya atau memperbaikinya.
Jenis afasia ini seringkali salah artikan sebagai confusion/kebingungan sang pasien.
2. Afasia non-fluent= afasia Broca= afasia ekspresif= afasia motorik
Pasien dapat mengerti dan mengikuti perintah. Bahasanya non fluent dan sukar
menemukan kata-kata.
HEMISPHERES ≠ IN CERTAIN FUNCTIONS
•LEFT:
à - Control language & speech
- Music understanding
•RIGHT:
à - Interpreting 3D images & spaces
- Arithmetic & design
RELATED TO HANDEDNESS
(70% LEFT BRAIN, broader planum temporale)
INGATAN/MEMORI DAN PEMBELAJARAN
Ada 3(tiga) macam memori:
1. Immediate recall:
suatu fenomena yang memungkinkan
seseorang untuk mengingat dan mengulang
sedikit informasi segera setelah membaca atau
mendengar informasi tersebut
2. Short term memory:
Ingatan yang berlangsung sampai dengan satu jam
3. Long-term memory :
Ingatan akan kata, angka, orang, kejadian,
sampai beberapa tahun lamanya
4. Long-term potentiation
MEMORY & LEARNING
3 TYPES OF MEMORY
à 1. Immediate recall (10 minutes)
- repeat, parrot-like,short series
- anatomy: auditory assc cortex
2. Short-term memory (1 hour)
- déjà vu
- anatomy: deep temporal lobe
3. Long-term memory (many years)
4. Long-term potentiaton (LTP)
Fungsi Kortikal Luhur
•Masing-masing bagian pada hemisfer serebri memiliki tanggungjawab untuk fungsi tertentu
•Pada keadaan normal berbagai fungsi tersebut terintegrasi dan berjalan bersama.
•Jika terjadi gangguan akibat penyakit yang mengakibatkan terputusnya satu sama lain bagian korteks serebri akan mengakibatkan diskoneksi fungsi tersebut.
EPILEPSI
Cerebral cortex dysfunction
alone or together with deeper structures
--Ø EPILEPSY : caracterized by
- sudden,
- transient alterations of brain funct.
- usually with motor-sensory-ANS-
psychic symptoms
- often acc.by alteration of consciousness
Secondary Generalized Epilepsy
* Myoclonic astatic/atonic epilepsies in children with MR
* Progressive myoclonic epilepsies in adolescents & adults with dementia
* Unclassified epilepsies
_____________________________________
Ø Modified from the classification of the ILAE & the WHO
CLASSIFICATION
* Primary Generalized Epilepsy
- absence (petit mal) seizures
- myoclonic seizures
- atonic seizures
* Partial Epilepsy
- simple partial :
ü with motor sign
ü with somato sensory sign
ü with special sensory symptoms
ü with ANS symptoms & signs
ü with psychic symptoms
- complex partial:
ü simple partial at onset followed by impairment of consciousness & automatisms
ü Impairment of consciousness at onset:
PEMERIKSAAN
1. Atensi dan orientasi
2. Memori
3. Kalkulasi
4. Berpikir Abstrak
5. Persepsi spasial/ruang
6. Persepsi visual dan tubuh
7. Apraksia
Mini Mental State Test
Orientasi
•Sekarang ini (thn)(musim)(bln)(tgl)(hari) apa ? Nilai …. 5
•Kita dimana (negara)(propinsi)(kota)(RS)(lantai)? Nilai …. 5
Registrasi
•Sebutkan 3 objek : tiap objek satu detik, pts disuruh meng-
•ulangi nama 3 objek tsb, nilai 1 utk tiap nama objek yg benar
•ulangi lagi sp pts menyebut dgn benar, catat juml pengulang-
•an. Nilai ….. 3
Atensi dan Kalkulasi
•Pengurangan 100 dgn 7, nilai 1 utk tiap jawaban benar, stop
•setelah 5 jawaban atau eja secara terbalik kata “WAHYU”.
•nilai diberikan pd huruf yg benar sebelum kesalahan.
•misal UYAHW = 2 nilai). Nilai …… 5
Mengenali Kembali
Pts disuruh menyebut nama 3 objek yg telah disebutkan
diatas. Nilai … 3.
Bahasa
* Pts disuruh menyebut : pensil, buku. Nilai … 2.
* Pts mengulangi kata : namun, tanpa dan bila. Nilai … 1.
* Pts ikuti perintah “ambil kertas itu dgn tangan kanan
anda, lipatlah menjadi dua, dan letakkan dilantai. Nilai … 3.
* Pts disuruh membaca dan melakukan perintah kalimat :
“Pejamkan Mata Anda”. Nilai … 1.
* Pts disuruh menulis secara spontan. Nilai … 1.
* Pts disuruh menggambar bentuk spt ini. Nilai … 1.
Comments
Post a Comment